Minggu, 18 Maret 2012

Kamaluddin Harahap PeduliSeni Budaya


Medan, (   ) – Anggota DPRDSU dari Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN) DPRDSU, Ir H Kamaluddin Harahap mengajak elemen masyarakat khususnya pemerintah agar senantiasa memperhatikan dan membina perkembangan seni dan budaya. 
 “Peran dan bimbingan kalangan masyarakat dan pemerintah sangat dibutuhkan dalam menumbuhkembangkan seni dan budaya khususnya para seniman di Sumatera Utara. Ini diperlukan agar para seniman di masa depan bisa mendatangkan pemasukan dan mampun menatap masa depan lebih baik lewat seni dan budaya,” kata Kamaluddin Harahap di acara pembukaan Semenda Expo 2009 di Open Stage Taman Budaya Sumut Jalan Perintis  Kemerdekaan Medan, Rabu.
 Kamaluddin juga Ketua DPW PAN Sumut menilai, jika peran pemerintah maksimal dalam mebina perkembangan seni dan budaya di Sumut, maka diyakini akan bisa menghasilkan dan memunculkan ukiran-ukiran baru. Seperti, lanjut Kamaluddin tari Serampang  Dua Belas merupakan budaya lokal sumut bisa menjadi budaya nasional tersebut bisa saja kurang terdengar dan terkenal jika tidak terus dibina.
 “Untuk itu, saya berharap kepada kalangan masyarakat khususnya pemerintah agar memperhatikan dan membina potensi-potensi seni dan budaya local di Sumut. Hal ini diperlukan agar potensi tersebut tidak tumbuh dengan begitu saja, tanpa adanya pembinaan dan perhatian,” kata Kamaluddin, yang mencalonkan dirinya kembali menjadi Anggota DPRDSU dapil KOta Medan Nomor urut 1.
 Kamaluddin mengaku sangat menyambut positif kegiatan dan pagelaran budaya Semenda Expo 2009. Dia beraharap Semenda Expo 2009 bisa menjadi agenda tahunan, agar mampu menjadi wadah pembinaan seni dan budaya di masa mendatang.
 “Pagelaran budaya seperti Semenda Expo 2009 ini sangat baik terus dilakukan. Selain kegiatannya untuk mengajak masyarakat agar peduli membina seni dan budaya. Kegiatan Semenda Expo 2009 ini juga sebagai bentuk menunjukkan jatidiri masyarakat Sumatera Utara yang berbudaya tinggi dan anti kekerasan,” katanya.
 Pada kesempatan itu, Kamaluddin Harahap juga mengaku dirinya semasa menjadi siswa SMP/SLTP pernah aktif dalam sanggar seni. Bahkan Kamaluddin Harahap mengaku senantiasa aktif ikut dalam ratusan penari missal menyambut kegiatan pembukaan MTQ di daerah kelahirannya, Padangsidempuan.
 Sementara itu, ketua Panitia Semenda Expo 2009, Dra Hj Dilinar Adlin dalam sambutannya mengatakan, kegiatan dilaksanakan untuk menampung potensi dan kreatifitas seni para generasi muda Sumut. Kegiatan Semenda Expo 2009 yakni, lomba rampak puisi, lomba tari kreasi tingkat SD hingga SMU/sederajat, lomba mewarnai tingkat TK dan SD, pergelaran teater monolog, music computer dan visualisasi puisi, serta diskusi seni dan seminar strategi pembelajaran seni dan budaya di sekolah. 
Dilinar Adlin  juga mengaku berterimakasih dan terharu atas kehadiran dan kepedulian Kamaluddin Harahap selaku wakil rakyat di acara pergelaran seni dan budaya. Dia berharap kepada wakil rakyat khususnya pemerintah agar membantu dan memperhatikan setiap even kegiatan seni dan budaya di Sumut.
Keterangan Gambar:
Peduli Seniman: Ketua DPW PAN Sumut, Ir H Kamaluddin Harahap MSI (tengah) sedang berbincang dengan Kadis Pariwisata Sumut, Hj Nurlisa Ginting MSc (pakai jilbab) di acara pembukaan Semenda Expo 2009. Kamaluddin Harahap mengajak kalangan amsyarakat agar peduli dan menjaga perkembangan senid an budaya di Sumut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar